Cari Blog Ini

Jumat, Mei 10

Papan Bunga Happy Anniversary HUT


PBHUT 01


PBHUT 02



PBHUT 03

PBHUT 04






Papan bunga steek werk adalah salah satu dari sekian karangan bunga yang di dekorasi di susun dengan cara yang cantik nan indah, yang memungkinkan dalam sebuah desain pada media yang besar dalam menampilkan ucapan yang ingin disampaikan oleh pengirim kado bunga kepada penerimanya sebagai tanda nyata pengumuman di hadapan publik dalam mengungkapkan kepercayaan akan jalinan silaturahminya.

Sejarah Singkat Papan Bunga [ steek werk / Flower Board ]

Kreasi papan bunga ini pada awal pembuatannya di jaman dahulu kala, diinspirasi pada jaman kolonial Belanda; yang pada awalnya berguna bertujuan untuk memberikan pelajaran dalam memperluas jalur pendidikan untuk membaca latin sebenarnya, dalam mengentaskan buta huruf dan sebagainya kepada masyarakat untuk memancing ketertarikan untuk lebih berminat dalam membaca tulisan latin dan pelajaran lainnya lewat seni pada papan bunga ini salah satunya. Sehingga diputuskan dalam membuatkan suatu media yang terinspirasi dari cara wayang ditayangkan pada masyarakat pada jaman tersebut - yang menampilkan layar besar dengan mengandalkan pencahayaan obor dan sebagainya [ dimana pada jaman tersebut pertunjukkan wayang diadakan malam hari kebanyakannya ].

Kemudian, dengan memikirkan secara masak - maka dibuatkanlah sebuah media yang berukuran besar yang dapat di pajang untuk menjangkau penglihatan publik masyarakat untuk tujuan menarik perhatian dan menarik minat dalam belajar untuk tujuan pendidikan - dan dapat terlihat baik pada siang hari dan malam hari, yang sekiranya dapat terlihat indah dan menarik.

Pembuatan steek werk ini di buat dengan media papan, yang pada jaman tersebut masih berupa kayu yang bahkan dalam tingakatan medium berupa seperti papan yang telah di serut dan kemudian yang disusun. Dengan menggunakan akar kuat dari beberapa jenis pepohonan, bahkan dari rampai pohon beringin untuk membuat jalinan pengikat papan dan membentuk tulisan dan gambar yang bisa dengan akar rampai atau pun gambar yang sebelumnya telah dikenal seperti gambar wayang yang lebih di kenal dalam masyarakat - pada area media yang sekarang dapat di rujuk dalam media pengucapan di papan bunganya.
Di mana pada jaman awal flower board ini, pada sisi kiri - kanannya disertai dengan obor untuk meneranginya sekaligus berfungsi sebagai penerang lampu jalan di malam hari.
Bunga segar yang digunakan pada masa tersebut pun, masih sekitaran yang sekarang di sebut sebagai bunga 'tahi kotok' - yang warna bunganya oranye kekuningan.

Nah, pada masa kekinian - bunga papan ini meluas dalam perkembangan desain sejak tahun 1970'an [ sesuai kisah sejarah turun temurun para pembuat papan di area penulis banyak yang tinggal tadinya, yang dibagikan di sini untuk kisahnya tersebut ]. Bahkan, kini kreasi desain kreatif semakin bermunculan - dengan begitu banyak opsi pilihan dekorasi bunga, serta bentukan bunga papan yang tak hanya kotak saja. Bahkan, dalam pembuatannya lebih mudah dibandingkan jaman dahulu kala [ bayangkan, mesti mencari kayu, menyerutnya, bahkan mengikatnya dengan mencari rambat rampai pepohonan bahkan akar... ].

Sekian sejarah singkat tentang kategori bunga papan yang spektakuler mainstream yang satu ini. Semoga bermanfaat untuk mengerti dan mengetahui sejarahnya yang indah tersebut.